[x]Close

AKU MENUNGGU CINTAMU UNTUK KEMBALI : CERPEN 14

AKU MENUNGGU  CINTAMU UNTUK KEMBALI

Di sebuah kuil klenteng lama

Klenteng Asap dupa berterbangan menari seolah mengikuti langkah semua penziarah di sebuah Vihara disebuah kawasan

kota

Jakarta

. Kleteng itu dipadatin oleh hamper seluruh penganutnya. Dan diantara semua orang itu seorang gadis cantik berjalan perlahan sambil menggenggam sepasang dupa. Kemudian memperhatikan sebuah patung budha yang sedang tersenyum. Ia pun tertunduk sambil memberi penghormatan. Setelah memohon berkah kemudian ia pun pergi dengan perasaan hampa. Terlihat olehnya permandangan berdesakan seolah semua ingin diberkati oleh kasih tuhan . kasih yang tampak sudah lama dirindukan.

Gadis itu kemudian berjalan kaki menuju ke sebuah pecinan sekitar untuk sekedar memperhatikan aktifitas pedagang yang tampak saling tawar menawar hingga matanya terpanah oleh sebuah toko aksesoris yang menjual giok dan sejenisnya. Ia mendekatin dagangan tersebut dan mengambil sebuah giok berbentuk kucing lucu yang berarsitektur jepang. Dan terdiam sesaat untuk mengingat kenangan yang mengingatkannya pada masa lalu.

Agnes_a Adalah Angel yang berkesempatan untuk magang disebuah toko baju mengisi hari liburannya, Angel yang barus saja lulus dari bangku smu menunggu waktu untuk mengawali tugasnya disebuah

kota

besar. Ya kejadian yang tidak menggenakan akan kenangan masa lalu membuatnya harus kembali ke negeri yang ia tinggalkan . sebuah kejadian luar biasa yang membuka mata dunia akan sebuah diskiminatif dan rasis.Angel harus meninggalkan negerinya untuk mengungsi dan pada akhirnya ia harus kembali. Segara yang ia punya telah habis dimakan waktu , kejadian 5 tahun lalu membawa dampak besar yang membuatnya menjadi dewasa.

Angel melupakan masa lalu dan membiarkan dirinya mengulang hidupnya. Perkerjaan baru yang membuatnya sedikit sibuk hingga suatu ketika ia mulai merasa ada yang membuatnya lebih sibuk dari sebelumnya. Adalah seorang pria yang selalu berjalan melalui tokonya, pria itu tidak membeli dan tidak juga mampir , namun ia selalu melewatin angel yang setiap harinya harus berdiri menunggu tamu yang hendak berbelanja.

Pria yang tadinya biasa saja, menjadi membuat angel semakin penasaran. Setiap pria itu melewatin toko angel, ia selalu melempar senyum.Angel pun penasaran dibuat pria itu. Hingga Angel bertekad pada hari ini bila pria itu lewat ia akan segera memanggilnya. Waktu yang dinanti tiba. Pria itu melewatin toko angel. Angel yang sudah siap memasang posisi siap untuk memanggil namun belum ia hendak memanggil seorang gadis cantik sudah memanggilnya terlebih dahulu dan Angel pun mengurungkan niatnya. Pria itu nampak begitu mesra dan angel pun hari ini membatalkan niatnya. Tampak Angel sadarin pria itu memperhatikan Angel dan tersenyum kecil.

Keesokan harinya..

TedAngel makan siang setelah mendapat izin dari bosnya. Jam makan siang selalu bersamaan sehingga membuat food court menjadi macet oleh manusia yang lapar. Angel ikut mengantri untuk membeli makan siang favoritenya nasi

padang

. Setelah menunggu sekian lama akhirnya angel mendapatkan makan siangnya. Berjalan disekitar lautan manusia membuat langkahnya harus extra berhati hati,

malang

nasib angel berjalan hingga tersandung. Makan siangnya berantakan di lantai, dan seseorang muncul untuk membantunya. Seorang pria yang selama ini selalu ada di pikirannnya.

“kamu gapapa..!!?” tanya pria itu

“iya gapapa…!!” balas angel terkejut dengan pria itu

“disini memang rame kalau makan siang, makanya harus buru buru kalau ga mau kayak gini, uda sering kejadian kok..!!” jelas pria itu

“oh ya..makasih ya..” mereka selesai membersihkan tumpahan makan siang angel

“gimana kalau.. ikut saya aja.. kita makan siangditempat favorite saya” ajak pria itu

“tapi…!!!” ujar angel berpikir

“hehe.. tenang aja saya orang baik baik kok.. oh ya ampe lupa… nama saya Teddy!!

“Angel..!!” balas angel tersipu malu.

Mereka pun menuju tempat makan siang oleh pria yang bernama Teddy tersebut. Apa yang angel harapkan sedikitnya terpenuhin untuk tau siapa pria itu. Dari apa yang diceritakan teddy. Ia adalah seorang distributor sebuah pakaian di salah satu kios., sehingga ia harus bolak balik untuk mengantarkan pesanan toko. Tak heran bila angel selalu melihatnya setiap hari.

Mereka menjadi dekat sejak saat itu, setiap saat Teddy mengantar barang ia selalu sempatkan mampir ke toko Angel.kedekatan yang berlanjut hingga sebuah ajakan berkunjung ke sebuah kuil untuk menyambut hari dewi belas kasih. Tak bisa dipungkurin kawasan yang angel tempatin adalah kawasan pecinan yang terkenal sehingga banyak sekali kuil kuil berdiri.

Angel tidak mungkin pergi untuk waktu yang lama, bisa saja bosnya memecat, namun kali ini ia tidak ingin melewatkan hari bersama teddy, ia pun nekad kabur dari toko. Mereka tiba disebuah kuil yang luar biasa besar. Apa yang teddy jelaskan tentang kuil tersebut seolah ia fasih akan sejarah

kota

tersebut.. setelah beribadah sesaat mereka pun mampir ke kawasan pecinan.. hingga mereka terhenti disebuah tempat aksesoris yang memasang sebuah kucing emas giok yang terus melambaikan tangannya seolah berharap membeli dagangan.

Lucky_cat“boneka kucing itu lucu ya..” ujar angel

“ hehehe.. itu kucing jepang.. mampir yuk!!!” ajak teddy

“boleh.. !!” angel setuju

dan mereka pun memperhatikan kucing itu layaknya anak kecil yang sedang melihat mainan baru. Teddy memberikan hadiah kucing itu kepada angel sebagai kenangan mereka. Dan hari itu pun menjadi kenangan terindah untuk mereka. Boneka kucing pemanggil itu selalu dipegang erat oleh angel. Ia mulai menyadari di hatinya telah jatuh cinta kepada teddy. Cinta pertama yang tidak pernah ia rasakan.

Sejak hari itu ada yang hilang dari hidup angel. Teddy tidak pernah lagi muncul dan tidak pernah lagi melewatin tokonya untuk menyapanya. Angel tidak berpikir apapun selain berpikir teddy sibuk akan pekerjaan lain. Namun waktu terus berlalu dan kecemasan di hatinya menjadi tanda tanya yang besar. Angel tidak memiliki apapun untuk mengetahui keberadaan teddy selain ia hanya menunggu tanpa kepastian. Setiap harinya ia hanya melihat boneka kucing pemanggil itu. Berharap panggilan kucing itu memanggil teddy untuk kembali kepadanya. Tangis pun mengenang sejarah mereka

Namun sia sia…

Erwin Setahun berlalu hingga tidak ada kabar dari teddy, angel berkenalan dengan seorang pria yang baru dalam hidupnya. Pria itu bernama Erwin. Pria yang membuka hatinya untuk menerimanya. Mereka pun menjadi sepasang kekasih. Angel bahagia atas kehadiran Erwin dalam hidupnya. Mereka pun bertunangan untuk meresmikan cinta mereka ke ajangn lebih serius, terlalu muda untuk angel yang masih berusia 20 tahun dan Erwin 24 tahun.

Di hari pertunangan yang dihadiri oleh seluruh keluarga, angel tidak memilik keluarga di

Indonesia

sehingga ia di wakilin pamannya. Angel dikejutkan oleh seorang dari sekian kerabat Erwin yang hadir. Angel seolah dibuat shock oleh seseorang yang selama ini ia anggap telah hilang dalam hidupnya.

“angel ini kakak aku.. dia baru balik dari

medan

!!” “ ujar Erwin mengenalkan seorang pria yang tak lain Teddy

angel hanya menatap wajah itu dengan perasaan yang tak dapat dilukiskan begitu pula dengan teddy yang berusaha untuk menahan diri. Dan mereka berpura pura seolah baru mengenal. Hari yang seharusnya menjadi hari bahagia angel kini menjadi hari penuh dengan kecemasan dan karuh di hatinya. Semua berjalan dengan baik , angel bisa menyembuyikan perasaan dan jati dirinya kepada teddy begitu pun sebaliknya dengan teddy.

Hingga mereka bertemu disebuahpintu toilet. Dan mereka berhadapan untuk sesaat saling memandang. Angel seolah ingin marahdan teddy menyadari itu. Namun angel berusaha untuk menahan diri.

Mereka pun berbicara..

“apa kabar..” ujar teddy

“baik…kamu!” angel

“baik juga.. hm… aku…!!!” teddy seolah ingin mengeluarkan kata kata

“ga usah diteruskan… ted.. anggap kita tidak mengenal saja. Itu lebih baik.. sekarang kita adalah keluarga!!”

“tapi..” ujar teddy yang berusaha untuk menjelaskan namun terhalang oleh kehadiran Erwin

“eh kalian uda akrab.. cepet banget!!” ujar Erwin

“hehe.. Erwin.. kakak kamu orang yang rama sehingga aku…” ujar angel terhenti

“hehe .. kakak aku emang gitu. Dia itu gampang deket sama sapa aja.. ceweknya aja banyak banget!!” ledek Erwin

“oh ya.. hebat!!” angel memandang teddy dengan tatapan seolah baru mengatahu jati diri teddy

hari pun berganti dan kehidupan masa lalu Angel bersama Teddy mulai menghantui. Angel tidak pernah melupakan teddy karena dia begitu bahagia, namun dia tidak bisa memaafkan sikap teddy yang pergi tanpa kejelasan. Namun kerinduan tidak buta untuk di lukiskan, hanya ketika bersama Erwin saja , angel merasa sesaat bisa melupakan teddy.

Sikap angel terhadap teddy bila mereka bertemu adalah dingin, dan teddy menyadari itu. Erwin sang adik awalnya tidak curiga terhadap mereka hingga suatu ketika ia dan angel membahas satu hal tentang teddy. Angel begitu bersemangat untuk mengetahui teddy. Sebagai adik, Erwin menceritakan semuanya.

Teddy adalah kakak tiri dari sang ayah yang menikah dengan ibu Erwin, mereka bukanlah saudara kandung. Namun sayangnya hubungan orang tua mereka tidak baik sehingga orang tua mereka bercerai. Teddy memutuskan untukhijrah ke

medan

karena ingin berbakti pada sang ayah yang sudah tua. Sedangkan Erwin tetap di

Jakarta

bersama sang ibu. 3 tahun setelah itu mereka kembali dan itu adalah saat saat angel mulai bersama Erwin.

Untitled Angel yang tau akan cerita itu mulai tau alasan kepergian begitu mendadak teddy tanpa pamit. Sang ayah meninggal di

medan

dan teddy wajib menjaga di akhir hayatnya sebagai anak tunggal. Rasa bersalah dan memaafkan seolah hadir dalam hatinya , namun ia tidak menunjukkan karena hatinya telah tersimpan Erwin yang selalu menjadi sahabat sekaligun orang yang sayang padanya.

Suatu ketika angel datang ke rumah Erwin untuk membuat masakan, namun ketika itu Erwin sedang pergi mengantar ibunya. Yang ada dirumahnya hanya teddy.Berdua dengan teddy membuat angel sedikit diam dan berbicara hanya seadanya saja. Angel pergi ke dapur untuk menyiapkan masakan sedangkan teddy diruang tamu sedang menonton telivisi.

Setiap potongan sayur di tangan angel , ia selalu memperhatikan teddy yang memang bisa terlihat dari dapur. Ia merindukan teddy dalam hatinya namun tak kuasa untuk berbuat apa apa. Tangan angel pun teriris pisau dan ia beteriak. Teddy yang mendengar suara itu segera berlari menuju angel.

“kamu gapapa..!” tanya teddy sambil memperhatikan angel dan angel hanya diam sambil mencari cari lap meja menutup lukanya

“aku ambili obat merah dulu.. tunggu tahan!!” ujar teddy bergegas laridan angel hanya memperhatikan sosok teddy yang beberapa saat kemudian kembali

“kamu ga mungkin bisa tutupin luka kamu, biar aku Bantu..!”

dan angel hanya bisa diam dan membiarkan jari kelikingnya di balut perban dan teriakan kecil rasa sakit

“sakit ya..tahan ya ntar juga mendingan!!” ujar teddy

“disini ya sakit ted… disini yang sakit.. bukan disana!!!” angel menujuk dadanya

“maksud kamu…” teddy memperhatikan wajah angel yang menangis

“disini yang sakit karena semua ini..rasa sakit yang yang tidak akan terlupa.. bisakah kamu sembuhkan..bisakah kamu obtain” kata kata pertama angel setelah sekian lama tak bicara dengan teddy

Pdvd_084_1 “angel…!! Maafin aku.. bukan maksud aku untuk..!!” jelas teddy

“aku tidak peduli semua itu.. aku hanya minta satu.. sembuhkan luka di hati aku ini..luka yang sudah lama aku nantikan!!!” kamu bisa.. bisa ted… bisa??”

“aku.. aku “ teddy memeluk angel dan mereka berpelukan mengingat masa lalu mereka.

“maafin aku gel ..semua begitu cepat sehingga aku sungguh tidak bisa mencari kamu. Hanya kata maaf untuk semua luka di hati kamu!!”

“aku rindu sama kamu ted.. rindu sepenuh hatiku..!!”

dan mereka tak menyadari ketika itu Erwin telah ada di hadapan mereka dengan wajah amarah dan seolah tidak percaya apa yang ia duga selama ini benar . kedua orang itu telah menghianatin mereka..

“Erwin..!!” ujar angel kaget

“de.. kamu salah paham…yang kamu liat salah paham..jangan emosi!!” jelas teddy

“kalian.. kalian.. “ Erwin berlari keluar dari rumah dan teddy berusaha mengejarnya dan kini angel sendirian menangis atas kejadian ini.

Setelah kejadian itu Erwin tidak ingin bertemu dengan angel. Dan ia mengurung dirinya dikamar untuk melupakan rasa sakit hatinya. Teddy pun tak berdaya. Walau ini salah paham. Namun tidak sepenuhnya . karena mereka memang masih menyimpan rasa cinta.

Angel sudah berusaha untuk mengetuk pintu Erwin namun tidak pernah ada jawaban untuk dia. Kini ia bener bener merasa bersalah pada Erwin. Dan tanpa mengenal rasa lelah ia selalu memanggil Erwin untuk kembali, namun semua sia sia. Sebulan kemudian Erwin memutuskan untuk pergi ke

Australia

. Pukulan berat untuk angel karena ini mengulang kisahnya pada teddy.

Tidak ada yang bisa angel lakukan untuk mencegah semua ini, bahkan untuk menatap wajahnya pun Erwin tak sudi. Jalan terakhir yang ia lakukan adalah menulis sebuah

surat

yang berisi kisah nyatanya , berharap Erwin bisa mengerti. Beberapa hari kemudian angel jatuh sakit , tidak ada yang menjenguknya. Teddy tidak mungkin bersama dia karena akan menambah rumit masalah.

Teddy Rasa sakit yang luar biasa dadanya. Ia sering batuk, dan ketika ia tidak pergi ke dokter. Ia hanya minum obat seadanya dan berharap sembuh. Erwin telah pergi menuju amerika. Namun ia sempatkan untuk membuka

surat

yang angel tulis untuknya. Ia menyadari yang terjadi pada situasi angel sangat rumit, namun hatinya kini bener bener telah terluka, walau memaafkan angel ia tidak pernah bisa membuka hatinya dan telah terlambat karena ia telah bener bener pergi dari angel.

Teddy yang tidak pernah melihat angel , menemui angel untuk memberitahukan keberangkatan adikknya ke

Australia

. Namun yang ia dapatkan ketika itu angel telah jatuh pingsan di lantai rumahnya. Dengan panik teddy memboyong tubuh angel ke rumah sakit dan keadaan angel bener bener krisis, ia mengalami penyakit yang luar biasa karena terlambat untuk dicegah. Paru paru sebelah kirinya mengalami kerusakan yang parah sehingga di butuhkan pencangkokan. Tidak ada siapapun yang dimilikin angel Karena sudah sejak lama ia sendirian di

Jakarta

.

Donor sulit didapatkan sedangkan keadaan angel bener bener harus segera diatasin. Teddy pun dengan ikhlas melepas salah satu paru parunya untuk angel. Namun ia ingin membuat catatan agar dokter tidak memberitahukan siapa pendonornya. Dokter menyanggupin namun mengingatkan teddy akan bahaya kematian mengacamnya. Namun teddy telah bertekad merelakan nasibnya dan membiarkan angel hidup.

Sebelum operasi pencangkokkan berlangsung. Teddy pergi kesebuah vihara untuk terakhir kalinya. Tempat yang menjadi kenangan terakhirnya bersama angel. Dan berjalan di kaki

lima

dan ia mampir kesebuah toko yang ia pernah lewatin bersama angel. Dan memberi sebuah kucing pemanggil , kemudian ia menelepon adiknya untuk memberitahukan keadaan angel.

Erwin Erwin yang mendengar berita itu segera memesan tiket untuk kembali namun tidak bisa karena cuaca buruk sehingga dibutuhkan 3 hari lagi untuk kembali. Mendengar kepastian adikknya akan pulang teddy merasa tenang. Dan ia pun pergi menuju ruangan dimana angel tertidur. Ia menaruh sebuah kucing pemanggil disini angel untuk memberikan kenangan terakhir untuknya. Dan ia tersenyum untuk sesaat melihat gadis yang ia cintai.

Operasi pun dilakukan dan berjalan dengan baik. Namun tidak pada teddy. Nyawanya kritis dan dokter berharap teddy bisa bertahan.. Dan angel mulai kembali normal dan tersadar dari tidur panjangnya. Ketika matanya terbuka sebuah lambaian kucing pemanggil menjadi benda pertama yang ia lihat . kemudian Erwin disampingnya yang menangis bahagia dan meminta maaf . mereka pun kembali untuk merajut cintanya pudar untuk bersinar.

Kembali ke masa depan..

“ci.. enci mau beli kok ampe nangis gitu?” ujar sang pendagang yang melihat angel menangis sambil memegang kucin pemanggil

“oh.. saya beli ini.. tolong di bungkus..!!”

Kucing angel yang teringat akan masa lalunya kemudian berlari secepat mungkin dari keramaian karena tak ingin mengingat masa lalunya.Di sebuah mobil telah menunggu seseorang yang selama ini menjaganya dengan cinta dan seorang anak kecil yang sedan bermain mobil-mobilan tak lain anak pernikahan angel dan erwin. Namun sebelum ia menuju mobilnya ia menabrak seseorang yang membuat matanya memancarkan rasa bahagia luar biasa. Orang tersebut memegang kucing pemanggil yang sama dengan angel. Namun pergi begitu saja. Angel yang penasaran dengan orang tersebut kemudian mengikuti untuk beberapa saat hingga seorang wanita kembali merangkul tangan pria itu untuk masuk ke mobil.

Pria yang masuk dalam mobil itu menyadari orang yang mengikutinya dan kekasihnya bertanya..

“siapa dia ted..!!” tanya sang pacar

“ah.. gapapa…” ujar teddy yang segara menjalankan mobilnya dan dari balik layer kaca mobilnya ia terus memperhatikan angel yang telah bersama Erwin dan bahagia melupakannya..

tamat

Kita selalu bisa menunggu untuk alasan apapun karena cinta. tapi kita tidak pernah bisa menunggu untuk satu hal . terluka akan cinta. karena akhir dari sebuah cinta adalah luka.

MODEL : ERWIN. TEDDY . ANGEL

Comments (1)

jojoApril 30th, 2012 at 10:25 am

ini artikel yang saya cari… terima kasih banyak atas informasinya ya, semoga penulis makin diberkahi dan saya tunggu tulisan-tulisan lainnya

terima kasih

Leave a comment

Your comment