[x]Close

BIDADARI TERAKHIR- CERPEN 160

 

” Karena sekeras apapun aku berpikir tentangmu-hanya ada satu hal yang bisa kupahami bahwa kaulah hal terindah yang pernah kumiliki dalam hidup ini” agnesdavonar

diangkat dari sebuah kisah nyata cinta seorang pria dengan PSK

(info : penulis diminta sendiri loh sama narasumber, jadi kalau di kaskus ada yang sama kisahnya ya karena sumbernya sama :) tapi untuk kepentingan naskah agar mudah dicerna penulis mengubah sedikit saja , selama membaca…)

Malam itu, seharusnya bukan jadi malam milik gua. Malam yang sesungguhnya bukanlah yang gua harapkan. Adit, temen kecil gua. Entah harus bagaimana gua mengatakan? Tiba-tiba ketika habis pulang dari hang out di kafe, mengarahkan motornya ke sebuah tempat yang mungkin baru dalam hidup gua. Tempat pelacuran, ya.. semua juga tau kalau daerah yang sedang gua injakkan kaki ini adalah daerah protistusi. Gua sempat protes sama Adit, kenapa tiba-tiba ngajak gua ke tempat kayak ginian. Umur gua kan masih 17 tahun dan baru aja dapat ktp resmi seumur-umur hidup gua.

Gua gak bisa ngelarang teman gua untuk menyalurkan apa yang dia inginkan walaupun harus dengan cara seperti ini. yang terbaik buat gua adalah tidak ikut dalam permainan dia. Akhirnya kita berdua memarkirkan motor di sebuah rumah. Banyak cewek-cewek cantik yang berdiri sambil menggoda. Adit masuk, dan gua memutuskan untuk tunggu di luar. Sesekali dia nanya ke gua,

“ yakin loe gak mau coba? Gua bayarin deh!”

“ ogah, gua masih tahan iman, loe aja sana! Jangan pakai lama! Entar kalau digrebek polisi, disangka gua lagi yang mau!”

“ iya-iya, anteng aja loe disana.. “

Dengan wajah cemburut dan tatapan beberapa perempuan gua seperti orang bego yang nunggu diluar sambil megangan helm gua. Adit uda memilih cewek yang harus jadi teman dia malam itu. Gua menunggu di luar dan tiba-tiba salah satu cewek di dalam rumah itu keluar sambil menghisap rokok. Dia ngeliat gua, lalu menawarkan rokok kepada gua.

“ Enggak makasih,  gua gak ngerokok “ kata gua menolak dengna harus.

“ Hah, jaman gini masih ada yang gak ngerokok.. aneh..” Tanya cewek itu dan gua hanya senyum-senyum.

Dia duduk disebelah gua, menatap mata gua dengan tajam sambil sesekali membuang asap rokok ke langit-langit atap.

“ Kok nunggu disini, ga ikutan aja sama temen kamu!”

“ Enggak , biarian aja si adit yang pengen,.. Cuma nemenin aja”

“ uda, loe sama gua aja mau? “

Gua memandang cewek disamping gua, sejujurnya dia cewek yang cantik, putih dan idaman gua. Tapi ketika dia menawarkan dirinya ke gua, tiba-tiba gua jadi ilfell. Kenapa cewek secantik ini harus menjadi seorang pelacur, dunia ini memang gak adil.

“ enggak mbak ,makasih”

“ uda maulah, gua kasih diskon.. “ tawar dia lagi.

“ beneran mbak, saya gak mau..” tolak gua dengan halus.

“ apes deh gua, daritadi gak ada yang mau ama gua..”

“ loh mbak kan cantik, kok ga ada yang mau..!”

“ ya nasib lah, namanya juga jualan, kadang laku, kadang kagak, malah gua lagi ada masalah lagi,,.”

Entah mengapa gua jadi merasa ingin tau masalah dia.

“ masalah apa mbak?” Tanya gua

“ umur loe berapa?” Tanya dia ke gua

“ masuk 17 tahun ini,., “

“ yailah, masih brondong, masih belum tau namanya dunia dewasa..” ledek dia.

“ kata siapa.. setiap orang punya masalah, gak mandang gede atau kecil umurnya..”

Dia melihat gua, mungkin dia merasa gua pinter merangkai kata-kata.

“kayanya loe bukan cowok brengsek ya.. beda sama cowok-cowok yang suka kesini Cuma pengen cari cewek buat kesenangan sesaat’

Gua tersenyum manyum dipuji dia.

“ Hehe, ga semua cowok brengsek kok mbak..

“ mungkin aja…  hm.. gua lagi butuh duit..” kata dia tiba-tiba.

Dalam hati gua, mungkin ini masalah klasik. Kalau ga butuh duit, buat apa dia kerja sebagai pelacur.

“ Maaf kalau boleh tau, duit buat apa ya?”

“ nasib jadi orang miskin, selalu kena masalah, nyokap gua tiba-tiba ada benjolan di perut, kemarin sempat dibawah ke puskemas, kata dokter sih tumor ringan.  Mesti cepat-cepat di operasi kata dokter, tapi ya tau sendiri Negara kita, apa-apa butuh duit. Ujung-ujungnya duit buat operasi. Makanya gua lagi sial, semingguan ini jarang dapat pelanggan. Apes..”

Entah mengapa, gua merasa, ada kejujuran dari apa yang cewek ini ngomongin. Dia gak seperti lagi sandiwara.

“ namanya mbak siapa?”

“ panggil gua Eva aja! Loe?”

“ Gua, Rasya.. “

Tiba-tiba kita terdiam, melihat wajahnya yang tampak sedih sehabis cerita kehidupan dia, gua merasa iba dan menawarkan dia setulus hati.

“ kalau eva emang butuh duit, gua ada, tapi gak banyak, kali-kali aja bisa bantuin nutupin kekurangan.”

Dia ngeliat gua.

“ loe kan masih 17tahun, mau dapat duit dari mana 1,5 juta kekurangang gue..”

“ oo, jadi kurangnya 1,5juta. Tenang aja Va, gua ada kok kalau segitu, tapi kalau sekarang.. gua ga bawa duitnya.. kalau besok gimana?”

Dia tertawa kecil.

“ gua sih uda biasa digombalin sama pelanggan. Tapi kalau digombalin berondong sih baru kali ini..” ledek dia.

“ sumpah gua ga bohong, gini aja, nomor hendphone loe berapa? Nanti besok gua telepon dan kasih duitnya, tapi jangan disini ya.. soalnya gua ga nyaman..”

“ terserah mau dimana, neh nomor gue..” kata dia sambil ngasih kertas dengan angka nomor telepon dia.

” inget loe, gua ini bukan orang baik. ”

” gua juga bukan orang baik. tapi juga bukan orang jahat, gua dan loe hanya terlahir di dunia yang keduanya gak bisa kita hindari..”

Tiba-tiba adit selesai, dan dia langsung menuju gua. Sebelum adit ngajak gua pergi, gua pamitan sama eva. Dia tersenyum. Dari wajahnya gua tau, dia pasti berharap banget apa yang gua katakan ke dia itu benar. Walau sebenarnya gua sendiri ga punya duit sebanyak yang dia mau.  Duit yang gua punya Cuma ada 900 ribu dan masih kurang 600 ribu buat ngasih ke eva. Akhirnya gua mesti nunggu seminggu hingga terkumpul 1,5 juta. Bermodalkan duit yang sesungguhnya hasil uang jajan gua. Akhirnya gua nelepon dia.  Sebelum memastikan apa eva benar-benar sungguh-sungguh atau bohong, gua sempet survey ke psk sekitar tempat kerja eva dan hasilnya positif dia ga bohong makanya gua usahain duit terkumpul cepat.

Eva terkejut ketika gua nelepon dia, gua meminta janjian ketemu sama dia di kafe yang telah gua tentukan. Seumur-umur dalam hidup gua, baru kali ini gua beramal cukup besar untuk orang lain. Gua masukan duit itu dalam tas gua. Mungkin bonyok gua akan marah besar kalau tau duit jajan gua habis untuk dia. Tapi gua cukup beruntung terlahir dari keluarga yang mampu, jadi gua yakin. Bonyok gak akan tega biarin gua hidup tanpa duit sedikitpun andai gua bilang, gua butuh duit.

***

Eva muncul dengan pakaian yang lebih tertutup kebanding pertama kali gua lihat. Kita makan dan sesekali gua jelaskan kenapa gua baru hubungi dia dengan alasan sibuk ujian, padahal sesungguhya sibuk nabung untuk bantu dia. Eva mungkin gak pernah kepikiran kalau gua ngajak dia ketemu untuk bantu keuangan dia, dia lebih berpikir kalau gua ini ketemu dia sebagai seseorang yang membutuhkan dia seperti laki-laki lainnya.

Kita sempat jalan-jalan sebentar sampai akhirnya motor gua membawa dia ke pantai. Kebetulan mal di kota gua selalu dekat dengan pantai. Gua duduk disamping dia. Dia langsung menyodorkan pertanyaan.

“ sebenarnya , loe manggil gua untuk make gua? Atau temenin loe jalan sih?”

“ coba tebak?” Tanya gua.

“ dua-duanya juga ga masalah, gua uda lama gak jalan sama cowok. Terakhir pacaran juga apes. Dari sekian cowok yang nembak gua, Cuma dia yang gua terima. Ujung-ujungnya cowok emang brengsek. Cuma mau tidur sama gue.. makanya sejak sekarang gua mati rasa sama yang namanya cinta.. !”

“ loh kayaknya loe dendam banget ya sama cowok. Maaf loh kalau lancang, Cuma ngerasa gitu”

“ ngapain minta maaf, emang nasib gua kok. Terlahir sebagai cewek hina, miskin, keluarga berantakan. Lonte..” tiba-tiba eva nangis dengan kalimat terakhir itu.

“ loe nangis..” Tanya gua jadi ikut sedih.

“ lonte.. gua uda sering denger kalimat itu dari mulut orang lain buat gua, rasanya nyakitin banget.  Asal loe tau , kalau aja dunia ini lebih indah dari yang gua mau. Gua juga gak mau jadi lonte..  siapa sih di dunia ini yang mau jadi pelacur, lonte. Ini karena terpaksa. Masih ada adik sama keluarga yang butuh gua untuk bertahan hidup..”

“ eva.. jangan nangis dong. Tujuan gua kesini, Cuma pengen ngasih ini..” kata gua sambil ngasih duit ke dia.

“ gua emang masih berondong seperti yang loe bilang, tapi gua juga punya hati. Walau hidup gua cukup, tapi gua mengerti perasaan loe.. mungkin Tuhan Cuma lagi kasih ujian buat hidup loe. Kalau pun itu berat saat ini, gua harap bantuan dari gua, bisa bantu meringankan beban loe..”

“ loe.. kenapa sih mau bantu gua.. kan gua ini bukan siapa-siapa loe, bukan temen loe.  Bahkan bukan orang yang pantes kenal sama loe..” kata dia sambil menangis.

“ gua juga gak tau. Yang jelas, kita uda ditakdirkan buat jadi orang yang mengenal.. gua senang kok kenal sama loe. Sekarang pakai duit ini buat operasi nyokap loe ya,. Biar cepat sembuh dan loe bisa kerja yang lain.. bukan seperti sekarang..”

Dia terdiam sambil merenung.

“ kalau pun gua gak kerja kayak gini, gua juga uda pasti gak ada yang mau. Palingan laki-laki berengsek yang mau sama gua..”

“ kata siapa gak ada yang mau..”

“ ya kata gua lah.. mana ada sih yang mau sama bekas pelacur!! Bekas lonte…”

“ gua mau..”

Eva terdiam mendengar kalimat gua.

“ umur loe masih muda, belum tau yang namanya cinta.  Ya sudah, terima kasih buat bantuan loe. Kelak kalau gua ada duit. Gua akan balikin duit ini.. sekali lagi, terimakasih”

“ sama-sama eva..”

Selang beberapa hari, eva sempat sms dan memberi kabar ke gua kalau nyokapnya sukses dengan operasi dia. Kita jadi rutin saling sms dan telepon hingga akhirnya dia ngundang gua ke rumah dia untuk bertemu nyokap dia. Gua menerima tawaran dia sekaligus ingin tau apakah benar kalau nyokap dia habis dioperasi. Ketika gua sampai kerumah, nyokapnya berlinang air mata ngucapin terima kasih, gua bersyukur ternyata eva jujur apa adanya. Dan yang paling gua senang, dia bilang ke gua, kalau dia lagi cari kerjaan buat hidup sebagai orang bersih.

Saat itu, tanpa sepengetahuan eva. Bokap tirinya tiba-tiba minjem duit ke gua, dia bilang buat bayar utang. Karena gua gak enak nolak, akhirnya gua kasih duit ke bokapnya tanpa sepentahuan eva. Gua juga sering bantuin ngaterin eva untuk cari kerjaan yang baik. Sampai akhinya dia dapat kerjaan sementara. Selama ini, keluarga dia gak tau kalau eva kerja sebagai pelacur, eva berusaha nutupi dan akhirnya lembaran gelap itu terkubur dengan sendirinya.

Tanpa kita sadari, gua dan eva samakin dekat. Setelah pendekatan itu, akhirnya kita menjadi sepasang kekasih. Mungkin cinta itu memang buta ya, baru kali ini gua merasakan cinta yang begitu dalam dari seorang perempuan di usia gua yang masih muda. Ketika dulu gua punya cinta monyet. Gua gak pernah ngerasa sebahagia ini selain bersama eva.  Walaupun dia punya masa lalu kelam, cinta berhasil membuat gua menghapus semua pandangan buruk itu. Seminggu setelah jadian, dengang uang jajan yang gua kumpulin, gua membeli cincin yang sama untuk kita pakai sebagai lambang cinta. Buat eva mungkin ini aneh, tapi dia sadar, gua masih berondong dan pasti gaya pacarannya juga kayak sinetron di tv jadi dia maklumin.

Tapi sepanjang waktu kami pacaran, gua merasa eva semakin hari semakin kurus dan tubuhnya jadi lemes gitu, ketika gua Tanya ke dia, dia Cuma bilang kalau dia mungkin kecapean. Tapi sebenarnya ada hal yang gua takutkan dengan kondisi dia. Gua masih ingat, untuk memastikan kalau eva ga bohong pas bilang butuh duit, gua sempat kembali ke tempat pelacuran dia kerja, dan iseng-iseng gua ngobrol sama cewek disana tentang dia.

“ loe siapanya eva?”

“ temen aja mbak, kalau boleh tau, dia kan cantik, kok bisa ga ada pelanggan sih?”

“ nasib mas, eva kena penyakit sifilis( penyakit kelamin). Kayaknya banyak pelanggan yang uda tau dia itu kena penyakit gituan, makanya ga ada yang mau sama dia! Disini kan pesaingan ketat, ada yang bocorin gitu, makanya kasihan dia..”

“ kenapa ga berobat aja dia..?”

“ maunya sih gitu! Tapi nyokapnya kan sakit, jadi dia mati-matian cari duit buat nyokap dia dulu, baru nanti mikirin sembuhin penyakit dia.. “

“ kasihan ya..”

“ iya mas, susah hidup sekarang. Saya yang dulu anterin dia ke dokter aja jadi sedih kalau bayangin hidup dia..”

Dari apa yang teman dia bilang, gua jadi yakin kalau eva jadi kurus ini pasti karena penyakit dia dulu. Walau dia ga pernah mau cerita ke gua, mungkin karena dia takut. Kalau dia penyakitan maka gua akan ninggalin dia. Padahal gua gak pernah peduli dengan sakitnya dia. Sakit eva makin buruk sampai akhirnya dia ga kerja. Gua akhirnya nyamperin ke rumah, dan dia ga bisa bangun karena tiba-tiba tubuhnya jadi kayak lumpuh gitu.

Saat itu juga gua putuskan untuk bawa dia ke rumah sakit, dia sempat menolak.

“ Rasya, rumah sakit itu mahal, orang miskin kayak gua kalau sakit itu ga ada keadilan, jadi biarin aja gua minum obat biasa, nanti juga sembuh”

“ loe itu uda gak bisa bangun. Gak usah pikirin duit. Gua ada tabungan, yang penting sekarang kita ke rumah sakit.”

Dengan penuh kesedihan, akhirnya eva gak bisa nolak kemauan gua. Gua menggendong dia sampai ke rumah sakit, dia dirawat dan dokter mengatakan ke gua dengan berat hati kalau eva sudah kenapa sifilis akut dan seluruh tubuhnya uda terkontiminasi sama sel-sel neurosifilis yang kemungkinan sembuhnya kecil. Dengan penuh air mata gua memohon kepada dokter untuk sembuhin dia. Gua dan nyokap serta adiknya saling bergantian jaga dia. Saat itu lagi ujian akhir kelulusan sekolah, gua harus bertahan dalam dua hal. Konsetrasi ke ujian dan konsetrasi ke eva.

Mungkin kedua cobaan itu berat tapi akhirnya gua berhasil mengerjakan semua ujian yang datang silih berganti bersamaan dengan waktu gua menjaga eva. Eva semakin kritis. Dia gak banyak bicara lagi seperti sebelumnya. Sepertinya dia tau, hidup dia tidak akan lama lagi.  Dia nyerahin sebuah diary ke gua. Dimana disana dia bilang hanya boleh dibaca setelah tiba saatnya nanti.

“ jangan dibuka ya sampai nanti kalau gua uda ga bisa bangun lagi..”

“ kok loe ngomong gitu..”

“ Sya, mungkin.. selama ini gua gak pernah jujur tentang panyakit gua, tapi gua Cuma ga mau kalau loe tau gua punya penyakit ini, loe ninggalin gua. Ternyata gua salah, loe benar-benar hadiah paling indah dalam hidup ini yang dikasih Tuhan buat gua. Gua pikir.. Tuhan gak akan pernah ngasih kebahagiaan buat gua karena memang gua ga pantes. Ternyata gua salah, Tuhan itu adil. Dan keadilan itu dia tunjukkan lewat loe..”

“ jangan ngomong gitu eva.. gua yang harusnya bersyukur punya pacar seperti loe dalam hidup gua, loe benar-benar anugrah..loe harus kuat ya, kita sama-sama berjuang untuk kebahagiaan kita..”

Eva hanya menangis mendengar gua bicara begitu. Gua pun menangis. Entah mengapa, gua seperti merasa ini adalah ujung dari akhir kisah kami.

“ sya, gua mau minta tolong satu hal lagi sama loe. .boleh?”

“ ngomong aja eva, kita kan pacaran, terbuka aja..”

“ gua gak punya apa-apa untuk ngasih loe sebagai balasan atas kebaikan loe, tapi gua Cuma punya ini.. bisa loe ambil kalung ini dari leher gua, soalnya.. tangan gua uda gak bisa bergerak lagi..”

“ kenapa bicara begitu.?”

“plz.. ambill” dengan berat hati gua melepas kalung itu dan mengambilnya.

“ disimpan ya.. sama buku harian yang gua tulis itu..”

“ iya eva.. tadi kamu bilang mau minta tolong, kenapa gak dilanjutkan?”

“ kalau gua mati, tolong jangan kubur gua di sini, gua mau dikubur di tanah kelahiran gua.. bisa..”

Mendengar kalimat itu dari mulut dia. Hati gua hancur. Gua gak tau harus bagaiman mengungkapkan kata-kata yang pantas untuk membuat gua bangkit dan percaya kalau dia akan sembuh. Gua hanya bisa menangis dan mengiyakan permintaan dia. Karena ada ujian lagi di besok. Gua pamitan sama dia. Gua mencium kening dia dan dengan berat hati saat itulah gua merasa ini terakhir kalianya gua akan melihat dia.

Dengan penuh tangis, gua pulang dan berharap Tuhan sekali lagi memberikan keadilan untuk hidup dia. Besoknya gua ujian terakhir dan ketika gua ingin jenguk dia, gua melihat sudah banyak orang di kamar dia di rawat. Semua menangis dan disitulah gua tau, eva telah pergi untuk selamanya. Gua hanya bisa tertunduk lesuh dan menangis dalam hati. Berat rasanya harus melepas kebahagiaan sesaat yang ada dalam hidup gua. Permintaan terakhirnya untuk di makamkan di tanah kelahirannya gua lakukan sebagai tanda cinta terindah dalam hidup gua untuk dia.

Kini, gua menyadari bahwa. Hidup itu sesungguhnya tidak pernah memihak kepada siapapun di dunia ini. tapi hidup itu membuat kita hanya bisa memihak kepada satu hal, bertahan untuk hidup dengan segala cara apapun. Eva mungkin telah berjuang hidup dengan ketidakberpihakan hidup tapi ia berhasil membuktikan kepada gua kalau disaat akhir hidupnya, dia benar-benar merasakan keadilan hidup sesungguhnya. Dengan cinta dan kasih sayang murni tanpa air mata penderitaan. dia mampu mengubah dirinya yang dulu adalah makluk hina menjadi seorang bidadari , walaupun itu hanya di hati gua, tapi gua percaya kelak semua orang akan setuju dengan apa yang gua bilang kalau dia adalah bidadari terakhir yang hidup di dunia ini

Saat hanya bisa mengenangnya , hanya buku harian ini yang tersimpan dan membuat hati gua merasa mungkin jalan terbaik dalam hidup kita adalah seperti saat ini. 30-april 2010, itulah hari paling memilukan dalamn hidup gua dimana saat itulah gua memiliki kesempatan untuk membaca

tulisan terakhir eva untuk gua..

To : My Lovely …..

Dear,makasih kamu udah mau jadi pendamping aku
selama ini…makasih juga udah mau jadi malaikat
penyelamat untuk ibu aku…
Andaikan kamu tau aku punya penyakit gini,
aku yakin kamu pasti kecewa trus tinggalin
aku,yakin banget
makanya aku ngerahasiain
ini semua…maaf ya?
Dear,Kamu Laki-laki paling baik yang pernah aku temuin
,kamu mau terima aku apa adanya..
Aku perempuan kotor,miskin,keluarga semrawut,
tapi kamu tetep mau deket ma aku

Dear,andaikan aku udah gak hidup lagi di dunia
ini,kamu jangan sedih ya ? masih banyak perempuan
yang lebih baik dari aku..kamu orang baik,harus
punya pendamping yang baik juga :’)
Inget,jangan lagi datang-datang ke tempat kotor
gitu.setebal apapun iman kamu,pasti bisa
runtuh ama yang namanya perempuan.
Dear,walau dunia kita udah beda,aku tetep ada di
hati kamu kan?janji?aku akan slalu disamping
kamu,aku akan jaga kamu…….Maaf andai
slama ini aku&keluarga udah nyusahin kamu :*
Goodbye…….

Semoga kamu bahagia disana eva, aku selalu ada untuk kamu walau kita telah berbeda dalam dunia ini. dan percayalah loe adalah bidadari terakhir dalam hidup gua,

tamat

TULISAN DAN KALUNG SERTA CINCIN KENANGAN CINTA EVA DAN RASYA

 

UNTUK KEPENTINGAN NARASUMBER DAN HAK PRIVACY MAKA NAMA SUMBER DIRAHASIAKAN,

 

SEMOGA KISAH INI MEMEBERIKAN PELAJARAN UNTUK KITA UNTUK LEBIH MENGHARGAI SETIAP KEHIDUPAN

 

lagu yang layak untuk kamu dengarkan bersama kisah ini adalah

surat kecil untuk tuhan by esa sigit

 

http://www.4shared.com/audio/fYPy1q8d/Esa_Sigit_-_Surat_Kecil_Untuk_.html

Comments (165)

Eleni LumbantoruanJuly 25th, 2011 at 4:03 am

sumpah,terharu sama cerita ini,klo bisa di film in jg kaya SKUT… terharu :(

hggggJuly 25th, 2011 at 6:01 am

ini kan pernah ada yg di kaskus..cuma koq beda ya ceritanya..mirip gtu..yg mana yg bener nih..d kaskus dia bilng crta pengalamnnya

zieJuly 25th, 2011 at 6:53 am

Sumpah….
Sediiih bngt kisah ini….
Aku jadi nangis ga brenti2…….
Karna mungkin aku bukan orng baik kaia eva,tapi baik nya aku bukan mangkal kaia dy di rumah prostitusi…
N bwt cwo nya si eva…. Elu bener2 malaikat……
Elu orng nya baik bngt,n emang benr,di zaman skrng 1jt banding 1 bisa dapetin laki2 kaia dy….
N bwt semua orng yang memandang jelek tentang pelacuuur….
Sbener nya mereka/aku…..
Punya alasan mengapa kita kaia gini…..

N bwt nara sumber….
GBU always ;)

al......July 25th, 2011 at 10:09 am

dari kaskus yaaaaaaaaa hehehehe

niorizkiJuly 25th, 2011 at 10:36 am

ini mirip ato bisa dibilang sama kek di kaskus :D

wahyuJuly 25th, 2011 at 10:38 am

kok kyk pernah di post di kaskus yak.. ada yg bilang ini kisah salah satu kaskuser..
yg mana nih yg bener..??

kasenaJuly 25th, 2011 at 11:20 am

ini diangkat dari kisahnya behel yh?
aku uda baca tu trit ampe ngulang 3x, ttp tersentuh..
semoga harapan kaskuser utk ngangkat kisahnya behel jd film layar lebar ter-realisasi..
penulisan tanpa ngurangin isi nya..
nice works nes.. :D

ellyJuly 25th, 2011 at 11:24 am

Bnr2 mengharu kan .. Sampai2 aku menagis membaca nya … tak byk mao
Di kata kan … Saya cuma bisa bilang bnr2
Mengharu kan Ώ sangat menyentuh hati saya …

srii,July 25th, 2011 at 11:59 am

¤setgap aku baca novel
agnes davonar pasti aku selalu menangis ,dan hati ku ikut terkikis ¤

kaskusJuly 25th, 2011 at 12:02 pm

wah ini kan yg ada dikaskus ????

IrwanJuly 25th, 2011 at 12:05 pm

ini cerita yang dari kaskus itu kan,,lagi booming nih sekarang di internet….
semoga aja bisa dijadiin film seperti SKUT…
agar semua orang bisa tau tidak semua pelacur itu buruk seperti yang kita bayangkan…..dan sebenarnya tidak akan ada pelacur yang menginginkan kondisi seperti itu….

Antonio SipayungJuly 25th, 2011 at 2:40 pm

1 hal, kita terlahir sebagai manusia itu sudah ditentukan oleh Tuhan. Sewajibnya kita bersyukur kalo kita terlahir di keluarga yang baik dan jangan merendahkan orang lain yang hidupnya kurang seberuntung drpd kita.

putriJuly 25th, 2011 at 3:30 pm

Aq pikir ceritanya ngebosenin,,,,,
Tp setelah aq baca,,
aq terbawa ma ceritanya,,,
aq merasa berperan didalam cerita ni…
Ya ampunn Tuhannnn,,,
mash adakah kisah seperti ini didunia nie…? Dizaman nie…?

planxtoondismeJuly 25th, 2011 at 5:10 pm

to hgggg : yang asli yang di kaskus gan, Agnes Davonar cuma ngedit biar dibacanya enak. (cmiiw).

intruder.masterJuly 25th, 2011 at 5:39 pm

Coppas dr kaskus khan?
Jelas2 sih coppas dr kaskus :D

Kalo coppas karya org jgn lupa sumbernya..hargai penulis..jgn asal coppas :shakehand2

adminJuly 25th, 2011 at 6:08 pm

hehe, kan sudah dijelaskan kalau ts diminta sama narasumber untuk nulis kisahnya

karena menurut ane kisah ini pantas untuk di angkat, ada nilai-nilai pesan tertentu

makanya aneh semangat sekali mendukung ini dilayarlebarkan atau dinovelkan

salam kaskuser

@agnesdavonar

Silvia w vegaJuly 25th, 2011 at 6:12 pm

Ya ampuun bagus banget cerita nya :) .
Hidup emng selalu penuh perjuangan :`)

peroJuly 26th, 2011 at 4:22 am

Sumpah niee cerita keren abis..

laknatJuly 26th, 2011 at 4:57 am

hiks

drakeJuly 26th, 2011 at 5:23 am

Wah selamat buat Davonar, semakin banyak koleksi crita based on true story nya ^_^.

buat para pembaca, iya crita ini memang based on pengalaman agan behel di kaskus, mba agnes ini memang spesialis mengangkat crita2 true story yg menarik.
(jadi inget beberapa tahun yg lalu, tengah malam sempat kedatangan doi entah darimana, serasa di wawancara, tapi sayang pengalaman ane ga ada yg menarik ^_^ )

ikut dukungg juga, semoga crita ini di angkat ke layar lebar.

dioorJuly 26th, 2011 at 5:53 am

Nice story stiap org dapat berubah ..
Immposible is nothing .. :)
Ketika kita niad kita pasti bisa ..

cungkringJuly 26th, 2011 at 8:08 am

Fiktif bngt critanya. Knp fiktif?? Penyakit sipilis tdk membuat penderitanya lumpuh. Dan hampir tidak mungkin. Menyebabkan kematian.
Knp gk mengidap aids saja ceritanya. Klo memang diakhir critanya eva mati. Itu lbh make sense

fitriJuly 26th, 2011 at 10:21 am

Ya ampun trharu bngt,aq bc nya pe netesin air mata.

carolinaJuly 26th, 2011 at 10:58 am

Cerry nangisss, terharu liat cinta sejati kea gtoo, salut buat kamu rasya.. Ќªмü emang cwoo pling baikk.. Topp. Hiks mewek

angelineJuly 26th, 2011 at 11:46 am

BaGus ßлğετ ceRitanYa…..bnr2 bikin ªƘ nangs,,,,!!!!ceritanya ªƘ ßлğετ .:’(
/♊\ ♓üªäªåªäªªªªª…
_/ \_ ••••• Ħϊks •••••

Valerie Caroline AJuly 26th, 2011 at 11:53 am

Wah …cerita yang mengharukan TT.TT
semoga ditrima di sis yg maha kuasa XC

Valerie Caroline AJuly 26th, 2011 at 12:14 pm

wehehehe bagus sekali ceritanya
(o^_^)b OK critanya
air mata berjatuhan ;TT
semoga ditrima di sisi yang maha kuasa

Dear: Valerie Caroline Alverina

salam kenal
:D

chikaJuly 26th, 2011 at 5:24 pm

Sedih ​​Βªªªªήğȇȇȇȇ††† dech…
S’moga eva ϐΐ§ά̲ ∂ĭ trima ∂ĭ sisi’na…»•*•※•*•※Ä♏iέέέn※•*•※*•«
‘N bwt cwo’na…Ğώ bNer” saLut smaa Ľǿế,Ľǿế brhati malaikat yg cma Λϑā 1 dri 1000jta cwo ∂ĭ dunia ini…
S’moga Tuhan mmbLas smw kebaikan yg sNgat tuLus dri haati Ľǿế…
‘N bwt Nara sumber…Goood Luck…

Meliana LinJuly 26th, 2011 at 9:55 pm

‎​¬_¬ Hmm ◦°◦ºº8-| ϊya̶̲̥̅̊ sedih JµǤǻ nih cerita, ƴğ tabah Ϋααh βuㆠƴğ ϑi tinggalnkan.

setujuJuly 27th, 2011 at 7:21 am

ahhh agan cungkring ngomong duluan yg pgn saya omongin. cuma gara2 nulis kenyataan hoax dalam cerita cerpen belaka gini jadi di bata, di kaskus. no hope dan ababil sekarang

martia elinaJuly 27th, 2011 at 10:55 am

salutt kisah nya sedih babgett …susah daapetin cowo yang kayak rasya ,,eva beruntung dapetin cowo se baik dy ,,,:”(

retaJuly 28th, 2011 at 4:03 am

nice story…
kita harus menghargai hidup dan tak boleh memandang sebelah mata saja..
^_^

Chen Chun LongJuly 28th, 2011 at 6:13 am

Sungguh,,sungguh mengharu’kan…sebenarnya aq Ɣªήğ cengeng or mmg sangat mengharukan Ɣªήğ membuat aq ßî§ã menangis.
Bro,,,pengorbanan qm sangat besar ϑάϞ dari Ήª†Ï Ɣªήğ tulus,aq yakin Alm.Eva seakarang pasti Đåћ bahagia dgn Ƨe♍üåª Ɣªήğ telah qm berikan.
Semoga Ƨe♍üåª teman2 Ɣªήğ baca вiS̤̥̈̊å mengambil hikmahnya.
Tuhan selalu adil dalam segala hal.
Salam sejahtera buat Ƨe♍üåª pembaca ϑάϞ jg Ɣªήğ penulis’nya.
‎​‎​​​​Ƙαlõ ada cerita Ɣªήğ bagus ϑάϞ menyentuh Ήª†Ï ƪαǧî,tolong kirim ke saya Ɣǻ.
Bisa kirim ke ßlackßerry® aq pin: 218B06FB.
No Hp: 085296379999, 087748690999.
‎​♡ τнäиκ чöü ♡

arie shifaJuly 30th, 2011 at 4:50 pm

Sumpah .. Terharu n bnr” bikin ‎​​ğµє nangis , crita ini ​πƍƍαќ jauh beda sm hidup ‎​​ğµє …. SMoga cerita di atas вï​ƨά dijadikan sisi positif bagi kehidupan ‎​​Ỳğ ‎​ hitam.βŭåτ̅ rasya … Semangat terus Ya , n βŭåτ̅ eva semoga arwah ​‎​кαmυ dng di alam sana.amin

icha_verisaJuly 30th, 2011 at 7:06 pm

Bener2 kisah Ÿª♌g memgharukan,,,jdi sedih baca kisahnya

SendhaJuly 30th, 2011 at 10:32 pm

Terharu bgt bacanya… Sampe nangis gak berenti” (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)

Yolanda NugraheniJuly 31st, 2011 at 6:50 am

sugoiii. . .
cerita yang bagus bgt, klo d trbitin dlm bntuk novel psti udh q beli

aikoJuly 31st, 2011 at 7:35 am

Sediiih eeuuuuiiiii…jd ngiri gua ma eva…pengen pny pacar kyk cowo’ ny eva…yg bisa nerima lkita apa ada ny

pockypigJuly 31st, 2011 at 8:48 am

Cerita nya si okay.. Cuma walopun hidup itu adalah pilihan,keapa pilihan itu jadi postitute dan bahkan gua liat mereka tutup mata kl client nya punya istri dan keluarga.. Ga tau,gua ga ga suka suka sama cewek2 kaya gitu.. Sorry bgt..

adieJuly 31st, 2011 at 2:34 pm

Yuk patungan buat bikin filmnya…

lidya congAugust 1st, 2011 at 12:26 am

Hidup memang ga adil, tapi akan ada keindahan pada waktunya. Kebahagiaan terakhir untuk eva, smoga tenang di sisi-Nya. Cinta yang tak pernah memandang umur, status, harta, cinta apa adanya. Cinta yang indah. ^^

vitoAugust 1st, 2011 at 2:15 am

Baguss sedih semoga dia direrima disisinya, kt yg masih hidup ini buat jd pandangan hidup

gwnAugust 1st, 2011 at 3:28 am

Emang bener y,penyakit spilis itu bs buat bdn kita lumpuh n sampe buat kematian???”

kaka ugieAugust 1st, 2011 at 5:40 am

Pengorbanan & keikhLasan ..

TUHAN memang adiL ..

andreAugust 1st, 2011 at 11:08 am

Bgs bnerr, jd inget jaman dl gue …..

jojoAugust 1st, 2011 at 12:32 pm

nes…..gw juga punya kisah nih nes….ini real kisah hidup gw….gw mau mencurahkan tapi ga tau harus kemana…….

jonyAugust 1st, 2011 at 3:52 pm

Asli mantapp ceritanya gua jd sedih. GBU eva

jasmineAugust 1st, 2011 at 7:14 pm

Sedih banget ceritanya , sampe nangis denger ceritanya , klo dibuat film pasti keereen banget , aq past nonton , GBU. Eva

marthaAugust 1st, 2011 at 8:22 pm

Mengharukan.ngak terasa netes sndri air mata ku.smga arwah eva tenang d alamnya.dan rasya tetap semangat,memang tak mudah melupakan yg baik dan indah..tpi hdp terus belanjut..smga dpt yg terbk yaa.

joshuaAugust 2nd, 2011 at 6:16 am

weleh”

nia kharienAugust 2nd, 2011 at 1:08 pm

:’( kisahnya membuat orang terharu…yang nulis top bgt d..apalagi pas yang co_nya ngangkatin eva, beneran, endless love alias cinta sejati…truz buat si eva..kenapa siech dynya nyerah terhadap hidup, kalau aj dy_nya maw bertahan…okh, so sweet

vivi vienaAugust 2nd, 2011 at 4:43 pm

(-̩̩̩-͡ ̗–̩̩̩͡ ) ​Ħϊīϊƙĸšš (-̩̩̩-͡ ̗–̩̩̩͡ ) ​Ħϊīϊƙĸšš :’( ƍ☺ôϑ story….

budyAugust 2nd, 2011 at 6:42 pm

Duh ..
Jadi sedih gω ngebaca ny ..
Top abis ,gω salutin ceritany ..

Nice cerita ny ..

vieAugust 2nd, 2011 at 11:31 pm

Kerennn bngt crta na…jd ikut trharu :(

susieAugust 3rd, 2011 at 10:42 am

Keren bgt ceritanya..
:’)
Nyadarin gw kalo emg dunia gaªª berpihak pada siapapun..
Kadang gw ngerasa dunia gaªª adil..
Tapi skrg gw yakin..
God punya rencana..
Sukses buat nara sumber n penulis

Analisa MariaAugust 4th, 2011 at 8:59 pm

After reading your blog post I browsed your website a bit and noticed you aren’t ranking nearly as well in Google as you could be. I possess a handful of blogs myself and I think you should take a look here: http://dominateseowithwordpress.com You’ll find it’s a very nice tool that can bring you a lot more visitors. Keep up the quality posts

rizkiAugust 4th, 2011 at 10:14 pm

Ini dari kaskus apa kisah sendiri

CutAugust 5th, 2011 at 12:10 am

aq baca di kaskus,, emang sedih seh,, salut deh… :)

haniAugust 5th, 2011 at 8:00 am

mengharukan banget si. :’) aku sampe’ nangis baca ceritanya :(

arifAugust 5th, 2011 at 10:13 am

Aku seorang cowok saja bisa meneteskan air mata membaca cerita ini, klau blh pengen kenal dong sama nara sumbernya. Trims

itaAugust 6th, 2011 at 6:46 am

cowoknya kaya cowokku , mau nerima aku apa adanya T.T terharuuu

tiwizashikiAugust 6th, 2011 at 11:47 pm

sungguh mengharukan! :’) jadiin novel dong mbak.. :)

kikiAugust 7th, 2011 at 2:37 am

hmmm sooo sweetttt

TeguhAugust 7th, 2011 at 4:11 pm

Sumpah salut banget sama gan behel. Hatinya kayak malaikat. Andaikan saja saya punya hati seperti agan behel.

Dan untuk Eva semoga dia sekarang senang di Alam sana. Dan diterima di sisi Allah Swt.

Untuk cerita ini. Semoga diangkat menjadi novel. Kalo bisa di jadiin film seperti SURAT KECIL UNTUK TUHAN.

Teguh

sfajar84August 8th, 2011 at 1:40 am

jadi pengen mewek…. izin share

wachidAugust 9th, 2011 at 7:56 am

aku hny lelaki biasa yang bisa merasakan ketika baca crita ini sampai masuk dalam suasana ..sungguh bergetar hati ini.. dan kita pasti punya crita crita yg sarat emosi untuk di critakan

dhaney whoopyAugust 10th, 2011 at 2:59 am

Sumpah abiz baca cerita hidup loe gwe jd terharu bgt n inget kejadian yg dialami ama tmn gwe…..

btw tuh klo dibuat film bakalan bagus tuh…..

Semangat boy……..:D

Adelina MonarehAugust 11th, 2011 at 10:11 am

Nice writing dear,

I already read your book Oei Hui Lan, and its also amazing, two thumbs up for you girl

Back then when I was a child, I visit semarang city, when I passed balai Prajurit, My grandfather told me, that big building was a home of the richest family in South east Asia, Oei Tiong Ham, I always wondering how was the life of that family, what happened to them and their legacy, and when I read your book, all of my questions answered.

Thank you

ps: I love history and I have a lot collections of Kesusasteraan Melayu Tionghoa, Kesusastraan Melayu, dll, probably we can share some collections…

PriskawiLaAugust 16th, 2011 at 5:32 am

pengen Liat Cwo’nya !!!!!!

achmad dwi putraAugust 16th, 2011 at 9:25 am

.sumpah.
.terharu bnget sma ceritanya.
.smoga ja di filmin yah.
.klw du film.n bgus bnget deh.

klisAugust 18th, 2011 at 5:43 am

ni gan link nya

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9993567

Ucha YuLzAugust 19th, 2011 at 4:07 am

PenGen Nangis..
T.T
SemoGa Mrka BrTmu Di KehiduPan SeLnjuTnya di KeaDaan Yg LeBih Baik..

KhiongAugust 19th, 2011 at 7:41 am

GREAT . . sedih banget . . .

ElmiraAugust 19th, 2011 at 4:40 pm

Kisah nyata ? sedih banget , semua orang punya masalah tapi gak nyangka ada yang kisah hidup nya kayak gini , sedih , terharu !

verinaAugust 20th, 2011 at 3:34 am

T_T

devi eriskaAugust 21st, 2011 at 2:20 pm

kak agnes, kenapa sih cerpennya bagus bagus semua? kan jadi ngga bisa bangun dari depan pc :)

WongAgungAugust 22nd, 2011 at 10:11 am

mirip dengan kisah hidup aku,…bedanya dia hingga sekarang masih jadi istri ku,…dia juga pernah sakit kaya gitu, tapi udah diobati dan sekarang sembuh,..
bagiku bagaimanapun masa lalunya, asal dia mau berubah untuk menjadi lebih baik, bukan masalah. Mutiara akan tetep menjadi mutiara walaupun dia pernah tercebur dalam kubangan lumpur,…..

oktaviereraAugust 25th, 2011 at 3:11 am

smoga arwahnya di trima di sisi allah swt!!! amiiin……

aaAugust 26th, 2011 at 1:05 am

nih org2 yg bca pd g bca bnr2 ya kan jls2 d atas ad tlsan..
(info : penulis diminta sendiri loh sama narasumber, jadi kalau di kaskus ada yang sama kisahnya ya karena sumbernya sama :) tapi untuk kepentingan naskah agar mudah dicerna penulis mengubah sedikit saja , selama membaca…)
kok pd g bca ya pdhl kan ini cma d tls ulang dgn mudah blg copas copas duh bukannya apa tp tlong budayakan bca dgn seksama bru comment.. thx..
salut sma nih cwo..

sicuppuAugust 26th, 2011 at 10:05 pm

menyedihkan.. dunia memang ga berpihak ke siapa”
selamat tinggal EVA .. :)

shiraAugust 27th, 2011 at 9:45 am

udah baca cerita nya berulang kali…
tapi tetep aja menangis….
true love…
:’(

...APain...August 30th, 2011 at 5:06 am

ceritanye agan Behel.Cle0patra ye sist??
sumpah bikin mewek…

zentSeptember 1st, 2011 at 5:01 am

cinta rasya tulus bgt ke eva,
kykny jaman skrng jarang cow kyk gitu….

hapsari syahraniSeptember 2nd, 2011 at 6:59 am

:) :D

gembel slengeanSeptember 6th, 2011 at 2:08 pm

entahlah …

kupu2 liarku terbanglah kepadaku
hinggaplah dihatiku hisap sari cintaku
biar indah tubuhmu di jamah orang2 tapi cinta tulusmu harus jadi milikku

ajeng puspitaSeptember 14th, 2011 at 10:00 am

ceritanya sedih banggget :’(
eva mungkin pernah merasakan ketidak adilan dalam hidupnya, tapi akhirnya dia memang benar2 tau bahwa tuhan itu adil.
bruntung banget dia, dpet cowo yg bisa nrima apa adanya :’)

adhiSeptember 14th, 2011 at 3:04 pm

nangis sambil dengerin lagu geisha – selalu salah.

Dulu memang kita saling bersama
Ku mengira tulus dalam kata

Tapi kini kamu memang berbeda
Ku terluka untuk selamanya

Caramu yang membuat diriku jauh
Kecewa di dalam hatiku

seandainya alm eva cerita tentang penyakitnya di awal pertemuan
mungkin ceritanya akan berbeda
wallahualam….

diinaSeptember 16th, 2011 at 1:03 pm

bisa minta Link asli di Kaskus “Real Story” nya ?? penasaran pgen baca …plissss

indiSeptember 18th, 2011 at 4:26 am

.sedih bgt ceritanya…nice story :)

ianSeptember 21st, 2011 at 4:48 pm

buat diina neh linknya:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9597227
maaf mba agnes saya coba bantu diina …
btw saya suka ending nya dari kisah yang ditulis ulang oleh mba agnes, untuk kisah awalnya kurang gregett …
maaf ya mba cuma kasih masukan…

tittaSeptember 23rd, 2011 at 7:24 am

Masih ada ga yah jaman sekarang cwo yang kaya adit. .Subhanallah. .jangan menganggap kupu2 malam itu hina. .Dibalik pekerjaannya pasti dia punya alasan. .

YonSeptember 23rd, 2011 at 6:07 pm

Many thanks for taking time to write down this article. It is been rather helpful. It could not have come at a much better time for me!

nifSeptember 26th, 2011 at 7:59 am

pgen punya cow kyg adit******* :( ………………

indiOctober 1st, 2011 at 6:45 am

.Tuhan itu adiL…dan Dia menunjukkan keadilannya lewat km uu

hudavicOctober 1st, 2011 at 6:47 am

Dialognya jangan terlalu jauh diubah dong mba…
Aku lebih suka yg di kaskus

risaOctober 6th, 2011 at 5:51 am

iuuuhhh unyyuuu beudd……
wkwkwkwkwk
ada sedihnya…
ada so sweetnya…
sesuatu banget

Gregg SittonOctober 6th, 2011 at 9:14 am

“Sometimes the heart sees what is invisible to the eye.” ~ H. Jackson Brown, Jr.

nurulOctober 12th, 2011 at 3:29 am

kisah ini benar2 mengahrukan, mencintai setulus hati n tanpa syarat, tidak menghiraukan masa lalu n mencoba melangkah kedepan dengan kasih yang abadi. sangat beruntung sekali, seorang Eva yang bisa dicintai sedalam ini oleh RAsya …..
good job ….

FatmaOctober 19th, 2011 at 7:35 am

critanya kereenn ..
baguss ..
terharuu sampek’an bcanya ..
buat pngrangnyya sukses ..

EchaOctober 28th, 2011 at 2:44 pm

Bner-bner terharu bgt baca kisah ini…
jaman kyk skrg hampir ga ada yg bisa nerima qt aph ada n,,,
buat rasya : km bner2 cowk yg baikk..
moga alm.mbak va d terima d sisi-Nya amiin….

Beats By Dre Monster Lady GagaNovember 4th, 2011 at 11:31 am

}

D^A^ZNovember 16th, 2011 at 1:23 am

bahasanya agak aneh y. gua gua gua… gua…. gua hira…

adnanNovember 16th, 2011 at 5:57 am

subhannalahhhh……..

kisah cinta sejati………yg sangat mengharukan.

semoga eva diberi ampunan….
dan kita semua ,,,
jgn menilai orng sebelah mata.

Eko AgNovember 19th, 2011 at 6:53 am

Nice story,

Bikin gw ikut nenitikkan air mata karena terharu baca ceritanya.

Tulisan-2 seperti ini yang membuat hati kita menjadi peka akan kehidupan di sekitar kita, dan semoga ada banyak figur seperti Rasya yang mau peduli terhadap kehidupan orang lain seperti Eva walau kita tak mengenalnya.

Agnes-Davonar teruslah berkarya ….

nganai@kaskusNovember 22nd, 2011 at 7:00 pm

maap ya mbak Agnes, kok lebih mewek ya baca tulisannya si “behel” yg di kaskus daripada disini, dikaskus bacanya ampe 6x tetep juga mewek.

kalo menurut saya yg ditulis ulang disini kurang nendang mbak,, ngak terlalu nyentuh banget.

skali lagi saya minta maap karna dah lancang bikin komen OOT

“salut buat behel”

jual beli kaskusNovember 24th, 2011 at 1:51 am

Thanks a lot for sharing this with all folks you really understand what you are speaking about! Bookmarked. Kindly also consult with my web site =). We can have a link trade agreement between us

muthiaNovember 24th, 2011 at 2:00 am

gilaa..
salut buat cwonya alm. eva dehh..

:’)

udh baca ini berkali” juga ttp wae mewekk!

mereka melakukan itu juga sebenernya buka keinginan mereka.

nurpujiNovember 25th, 2011 at 8:04 am

sumpah TERHARU :’(

cimenkgoblokNovember 29th, 2011 at 7:16 am

wah ini mah anak kaskus :D

reza falephyDecember 1st, 2011 at 7:49 am

mau di mana aja yg penting hargai hidup mu dan hidup orang lain, apa yg kita liat belum tentu sama seperti asumsi kita

mbatDecember 1st, 2011 at 8:31 pm

ini cerita real dari kaskuser kan ?
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9597227

maap udh ngsih bocorn :D

URLDecember 21st, 2011 at 10:07 am

If you

Kania clalu cyang novelDecember 25th, 2011 at 2:43 pm

Aduh, kak kok di situ rasha and eva namanya? kalo di buku ‘My Idiot Brother’ namanya hendra and angel sih?

HasanDecember 28th, 2011 at 3:39 pm

Hikz…. From TRUE story……? sad ending gini yah…… T.T

ArgieDecember 30th, 2011 at 1:51 pm

nice share lah nyentuh banget : satu pelajaran unutuk kita
siapapun orangnya, bagaimanapun kondisinya, apupun pekerjaannya di mata tuhan ia tetap makhluknya ..tetaplah hargai orang itu selayaknya kita dan mereka sama sama manusia yang tak luput dari kesalahan:

xXxJanuary 2nd, 2012 at 2:19 pm

sumpah !! ini cerita bikin gue kayak orang tolol,nangis2 ngga jelas,untung bacanyanya didalam kamar,mau nangis meledak merasa kayak orang tolol kalo ditahan,ngga enak bgt rasanya :’( :’( :’(,
salut gue salut…
good story (‘-’d

MarthaJanuary 15th, 2012 at 8:46 am

duh,di saat gini masi ada orang yang mengalami hal kayak gini…
apakah ini betul cerita betulan..
kalau ada aku bersyukur…
hidupku masih baik.

cuppyJanuary 19th, 2012 at 12:19 pm

Buat cerpenn diatas gue cuma bisa komen ini:

Setiap orang pasti pernah melewati peristiwa besar dalam hidupnya, menyenangkan atau tidak. Semua adalah realita yang patut kita renungi, patut disyukuri dan kita hadapi. Menjadikan pengalaman kita sebagai pembelajaran untuk yang lain atau menjadikan pengalaman kita sebagai hal yang terlewatkan begitu saja adalah ‘sebuah pilihan’. Ketika kita mendapat cobaan yang begitu hebat, mungkin kita akan berkata “Ajarilah kesakitan pada orang yang kita cintai karena Tuhan telah melakukan hal yang sama”. Tapi tidak untuk itu, Tuhan melakukannya tidak lain karena ia ingin memberi peristiwa yang jauh lebih besar lagi, peristiwa yang hanya terjadi pada orang-orang besar. Apapun yang kita yakin bisa dan yang kita yakin tidak, kita pasti benar.

MAntepp GAnnn ((^_-)b

DaniQJanuary 23rd, 2012 at 3:23 am

Mengharu biru.. T.T

indra saputroJanuary 27th, 2012 at 6:16 am

sekotor2 nya noda bisa dibersihkan dengan tobat…..
so.
crita ini banyak hikmah nya bagi kita…hehehe…

ekonur indahJanuary 27th, 2012 at 11:05 am

huhuhu terharu sangat saiia baca itu cerita …
cinta memang gag sempurna tapi dengan ke tidak sempurnaan nya membawa sejuta warna …

Mackenzie Crossman pokedaJanuary 30th, 2012 at 6:07 pm

Di dalam pertemuan pertemuan ia sering memberikan ceramah dan memuji muji Ikhwan serta pendirinya, Imam Hasan Al Banna.

Puja DamayaniFebruary 6th, 2012 at 2:49 am

Sedih banget ! Itu cowok subhanallah baik sekali …
Ya Allah aku terharu sekali … Sedih banget pengalamannya …
Semoga almarhumah diterima di sisinya Amin ya Rabb …

iwillsnbsFebruary 9th, 2012 at 9:36 pm

Wah dijadikan film pasti lebih bisa ngucurin airmata neh gan :(
cwe ane skarang jga seorang PSK :(

sofia ellistyaMarch 8th, 2012 at 11:04 am

huufft,sooo sweeet,sampek nangis q bacanya, huhuhu T_T

sasyaMarch 15th, 2012 at 6:09 am

co cweeeeeeeet

orentaMarch 25th, 2012 at 10:42 am

i like it

cc-clarkMarch 28th, 2012 at 1:02 pm

ampun………………….
so sweet banget
mau jadi psikolog juga ah…..

sinasukeApril 8th, 2012 at 7:39 pm

sumpah sedih banget saat baca buku harian nya !

dediApril 13th, 2012 at 8:52 am

sumpah gue pngen nagis bca nich crita…
gue salut ma tu cwok dia sngat lh smpurna,mnerma apa adnya….
smga dngan bca ni crita gue bsa lbh unk ngrgai sseorng..
gue brharp smga ni crita bza d jdikan layr lebar..
thanks

nubieApril 13th, 2012 at 9:03 am

buat TS nya.. mohom maap yak..
gw lebih suka baca yang di kaskus..
perasaan gw ada bbrpa part yg kurang pas sama aslinya sehingga timbul komeng ini….

cungkringJuly 26th, 2011 at 8:08 am
Fiktif bngt critanya. Knp fiktif?? Penyakit sipilis tdk membuat penderitanya lumpuh. Dan hampir tidak mungkin. Menyebabkan kematian.
Knp gk mengidap aids saja ceritanya. Klo memang diakhir critanya eva mati. Itu lbh make sense

padahal kan di kaskus ada penjelasan dokternya.. tapi disini kurang komplit..
mungkin TS nya bisa memperbaiki biar lebih enak dibaca :)

tlaApril 17th, 2012 at 2:20 pm

akhirnya ada cerita ini,

coba semua co di dunia kyk dia.

klu bikin ke layar lebar cr directed terbaik, jgn nayato.

tlaApril 17th, 2012 at 2:32 pm

wahai org2 mampu dan kaya belajar lah dari co ini.

jgn cm bs buat yg aneh2…

punya banyak duit tp utk yg aneh2.

walaupun di dunia ini ga ada habisnya ngebantuin org, tp setdknya bs mengurangi penderitaan org lain.

regitaApril 23rd, 2012 at 6:41 pm

like dehh critanya !
ngandung bnyak moral dlm khidupan ..

aulia rahardiniMay 18th, 2012 at 12:20 pm

hmmm

sumpah!!
terharu sangat nglihat critanya

bkin nangis ajj

elpriska pranaditaMay 18th, 2012 at 1:34 pm

,, sedihh banget baca ceritanya….
T_T

eliyaJune 21st, 2012 at 7:58 am

bagus banget. aku terrharu membacanya. eliyahidayaturrohimah.blogspot.com

jerizJuly 13th, 2012 at 1:05 pm

sukses bwt penulis. Saran kata2 gua2 gua si cowok di hpus aja di ganti aku,saya biar keliatan cowok itu alim,kalem,polos. Nah kalo bwt cweknya kata2 gua gua gpp . Semangat

EdogawaJuly 20th, 2012 at 2:10 am

sedih banget bacanya,.

kudu di apresiasi nih,…

nikma sllu dihatimueAugust 10th, 2012 at 3:12 am

aq sedih bangetz stelah membcanya sampai2 bsa mneteskan air mata

Hosting gratis tanpa iklanAugust 24th, 2012 at 12:06 am

Trims Bro, infonya sangat bermanfaat :)
Kalau saja makin ramai blogger seperti sampeyan, pasti orang Indonesia bakalan makin cerdas dengan info-info bermanfaat macam ini.

Sona AtlanticersSeptember 2nd, 2012 at 6:49 am

ane udh baca di kaskus.. dh tu bca lg disini … sumpah salut banget ane ama rasya…. di zaman sekarang ane pikir org kyk gitu cuma ada di film doank ternyata di dunia nyata masih ada… salut dh buat TS(Rasya) dn semoga Eva di terima di sisinya AMIN……

nonameSeptember 5th, 2012 at 9:14 pm

Perbuatan yg sangat mulia

Safe SoundSeptember 9th, 2012 at 9:23 am

Nice blog do you fancy renting banner ad space for a monthly fee?

faySeptember 11th, 2012 at 8:40 am

walaupun crita di kaskus,,terharu bgt gue,,

PengamatSeptember 29th, 2012 at 1:36 am

Beuh, kan udh dibilangin di atas, cerita ini emg dari KasKus ..
Tp dirubah dikit demi kepentingan membaca ..

Hmm, coba kalo kata ‘GUE’ diganti dengan ‘AKU’ dan ‘LOE’ diganti jd ‘KAMU’, pasti jd makin sempurna ceritanya ..

irfa auliaOctober 1st, 2012 at 1:57 am

gua baca bahasanya kurang ”nyes” dibacanya,..
kaga seperti karya agnes davonar yang lainnya…

UmmieOctober 15th, 2012 at 7:55 am

Sedih banget ceritanya, aq sampe nangis dan terharu gitu…

Info MalaysiaOctober 20th, 2012 at 11:34 am

Tetap bersemangat ngeblog.
Amal itu minimal memang harus berupa uang atau tenaga, dan tak mungkin zonder salah satu dari kedua hal itu.
Thanks atas tulisannya!

wilaOctober 22nd, 2012 at 12:25 pm

aku salut dengan eva…aku jdi tkt ngrasakan hal yg sma sprti dy…tpi bkan aku yg ninggalin dy,tp dy yg nggalin aku….

alianantaNovember 27th, 2012 at 2:00 pm

ini dari bebeh cleopatra ya,,,
ini crita nyata, jadi kapan nich bisa dijadikan film
ngarep.com

AditJanuary 4th, 2013 at 7:32 am

ini penulis dapet ceritanya dari narasumber yg bersangkutan dan TIDAK COPAS dari kaskus. Dan sebagai apresiasi dibuat cerpenlah istilahnya buat mengenang kisah tersebut~
salut dan terharu buat admin :)
kalo mau liat kisah dan narasumbernya langsung ini gw kasih lgsg dari kaskus = http://old.kaskus.co.id/showthread.php?t=9597227

kalo gak bisa link diatas bisa yang ini =
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013939598

(dan klik di sebelah kanannya ada tulisan ‘original story –>’)

dwi budiJanuary 16th, 2013 at 10:25 am

bgs mbak sdh bgt semoga sukses ya mbak

dwi budiJanuary 16th, 2013 at 10:27 am

bgs mbak, q terharu, gaya bhsanya juga bs mbak.

ayJanuary 23rd, 2013 at 4:02 pm

cerpenya agnes emang selalu bagus, gw salah satu penggemar karya agnes. cerpen ini bagus banget gw nangis pas bacanya, ayo dong lekas dibikin novelnya

toro pribadiMarch 13th, 2013 at 4:06 pm

Aq cerita sperti ini..

toro pribadiMarch 13th, 2013 at 4:12 pm

Kalau boleh mau aq film kan dan pemeran nya sendiri adalah sya..-_-M. Yg stuju silakan coment..di tunggu blsanya.thaks–

noviaMarch 29th, 2013 at 2:34 pm

ceritanya sedih banget. aku salut sama mereka :). tlong angkat jadi film dong kaya SKUT :)

slamet riyadiApril 20th, 2013 at 6:33 pm

kapan bisa di jadiin film nya
aku udah gak sabar nih pengen nonton

ibnuApril 24th, 2013 at 6:33 am

gila ni cerita, bikin ane baca lagi, dan tiap kali baca sampe nangis… nyesek banget.

Naltaqia TataMay 5th, 2013 at 6:48 am

gua tau ini ceritanya siapa.
pasti dari fajar musti prawira, difacebooknya dulu dia pernah bkin catatan ini.
dengan foto yg sama .
wah ga nyangka bisa diposting sama agnes davonar.

dwi budiMay 11th, 2013 at 11:13 am

sedih bgt, mendalam bgt maknanya

giannaMay 23rd, 2013 at 10:44 am

rasya adalah orang yang bisa melihat eva, disaat ia menjadi ‘invisible’..saat orang lain tidak mampu untuk melihat eva..

RqiAugust 5th, 2013 at 1:50 am

Kurang nyes gaya bahasanya mbak

RezaAugust 5th, 2013 at 1:52 am

jujur lebih suka versi aslinya …

trus gmna mau diangkat ke film kalau yg orinya kgak dposting

Leave a comment

Your comment